Halo Toyota Lovers Banua, pada kesempatan kita kali ini kami dari Wira Toyota akan mengulas sedikit sejarah. Atau mungkin juga bisa kita kategorikan dengan Nostalgia dengan Toyota Kijang, mobil yang sudah malang melintang di dunia persilatan Indonesia sekitar 40 tahun lamanya hingga kini.
Mungkin sebagian dari kita sudah pernah memiliki, mengendarai atau minimal melihat Toyota Kijang di jalanan kota kita. Karena memang populasi Toyota Kijang yang luar biasa banyak serta siklus hidup Toyota Kijang yang hampir setengah Abad diluncurkan di pasar otomotif Indonesia. Tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa Toyota Kijang ini merupakan mobil keluarga terbaik hingga saat ini.
Untuk lebih mengenal seperti apa sih Evolusi Toyota Kijang dari awal sampai kini, yuk kita cek bersama-sama :
toyota kijang generasi 1 (1977 – 1982)
Toyota Kijang pertama diperkenalkan ke publik indonesia pada tahun 1975 di Pekan Raya Jakarta. Nama Kijang adalah singkatan dari Kerjasama Indonesia dengan Jepang. Pada Generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1977 mobil ini lebih dikenal dengan sebutan Kijang Bajul, atau Kijang Buaya.
Nama Kijang buaya ini sebenarnya diberikan oleh masyarakat karena pada saat kap mobil ini dibuka ke atas lebih menyerupai mulut buaya yang sedang menganga, apalagi kalo dilihat dari posisi samping kendaraan.
Sebagian besar part & fitur ini masih sederhana sekali. tampak disisi pintu masih belum menggunakan jendela kaca, hanya kain begitu.
Mesin kijang buaya ini menggunakan kode 3K, 1.200CC, OHV (Over Head Valve) dengan transmisi manual 4 kecepatan. Pertama kali mobil ini keluar masih bertype pick up dengan 2 (maksimal 3 penumpang).
toyota kijang generasi 2 (1982 – 1986)
Toyota Kijang generasi kedua diluncurkan pada tahun 1982, yakni 5 tahun setelah generasi pertama mengaspal di jalanan Indonesia. Untuk yang generasi kedua ini memang pada gambar sudah merupakan mobil full cabin untuk 7 penumpang. Tapi jangan salah sangka, ternyata dari Toyota Aslinya masih pick up, namun dikaroseri menjadi Full Cabin sehingga menjadi seperti pada gambar diatas.
Sebagian orang mengenal Toyota Kijang generasi kedua ini dengan sebutan Kijang Doyok. Karena bentuknya mengingatkan pada tokoh Kartun bernama Doyok pada surat kabar populer pada saat itu. Bukan Kadir dan Doyok lho ya. 🙂
Mesin berkode 4K 1.300cc. namun pada tahun 1985 mesin ini mendapatkan perubahan dengan kode 5K dan naik menjadi 1.500cc. untuk transmisi pada saat itu masih menggunakan manual 4 percepatan.
Ada beberapa versi Kijang Doyok pada saat itu, yaitu : Beta, Tamara, Turangga, Targa GT dsb. Semua type tersebut bukan dari Toyota langsung, namun hasil olahan dari pihak karoseri untuk lebih bisa mencukupi keinginan pelanggan pada saat itu.
toyota kijang generasi 3 (1986 – 1997)
Toyota Kijang generasi ke 3 ini merupakan yang paling terkenal diantara yang lain (terkecuali Innova). Pada generasi ketiga ini, Kijang dikenal dengan istilah Kijang Super. Sudah jauh lebih sempurna, bahkan penjualannya mencapai 492.123 unit sejak diluncurkan 1986-1996.
Mobil ini bisa mempertahankan umurnya hingga 11 tahun dari tahun 1986 hingga tahun 1997. pada generasi ke tiga ini Toyota sudah menggunakan plat body langsung tanpa melibatkan karoseri, atau full pressed body untuk versi MPV-nya. Pada Iklan Toyota Kijang pada waktu itu bahkan ada slogan atau embel-embel mobil yang bebas dempul. Hal ini dikarenakan pada generasi ke 1 dan ke 2, mobil MPV hasil karya karoseri memiliki dempulan yang cukup banyak sehingga menambah beban kendaraan antara 2-5 kg. Wajar saja jika konsumsi bahan bakar Toyota Kijang generasi 1 dan 2 lebih boros bila dibandingkan dengan generasi yang ke 3 ini.
Pada awal kemunculan mobil ini dikenal dengan nama Kijang Super, yang berpindah konsep jadi mobil penumpang. Pada generasi ini terdapat beberapa versi lainnya, seperti ranger yang hanya memiliki 2 pintu, dan juga Grand Extra yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap.
Pada era ini terdapat pilihan mesin baru berkode 7K kapasitas 1.800cc, juga muncul transmisi matic atau manual, lalu mulai bermunculan pesaing-pesaing macam Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther.
toyota kijang generasi 4 (1997 – 2004)
Toyota Kijang generasi ke 4 diluncurkan pada tahun 1997. Generi ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Kijang Kapsul, hal ini dikarenakan bentuknya yang lebih tumpul dan membulat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pilihan mesin juga bervariatif : type 7K-E kapasitas 1.800cc full injection, type 1RZ-E kapasitas 2.000cc dan mesin diesel 2L kapasitas 2.400cc.
Fitur cukup lengkap pada generasi ini : sudah ada power window, power steering, speaker sudah menjadi standar bagi Kijang Kapsul MPV ini. Namun untuk versi pick up tidak tersedia fitur-fitur tersebut.
Pada Generasi ke 4 ini terdiri dari beberapa varian yang cukup populer : Untuk type Long Wheelbase ada type LX, LSX dan LGX, KRISTA sedangkan untuk Short Wheelbase ada type SX, SSX, SGX, RANGGA.
Untuk Detail-nya adalah sebagai berikut :
Produksi mobil ini berakhir pada tahun 2004 untuk MPV, sementara versi Pick up baru berakhir pada tahun 2007
toyota kijang generasi 5 (2004 – 2015)
Generasi kelima Toyota mulai memperkenalkan Innova dimana mobil ini masih menggunakan DNA Kijang. Perubahan besar-besaran terjadi pada sisi interior, eksteror dan juga mesin. Kijang semakin mengukuhkan sebagai kendaraan keluarga dengan fitur kemewahan dalam Kijang Innova.
Selama sembilan tahun Kijang Innova mengalami facelift sebanyak tiga kali yaitu Kijang Innova facelift pertama (September 2008-30 Juli 2011), Kijang Innova facelift kedua (30 Juli 2011-18 Agustus 2013) dan Kijang Innova facelift ketiga (18 Agustus 2013-November 2015).
toyota kijang generasi 6 (2015 – sekarang)
Demikian sedikit sharing kami dari Wira Toyota terkait Toyota Kijang yang merupakan salah satu Legenda Mobil keluarga dari dulu hingga kini
Semoga menambah wawasan kita bersama serta sebagai inputan bagi anda apabila ada rencana melakukan pembelian Toyota Kijang Innova dalam waktu dekat ini.
Untuk Detail Cabang Layanan Wira Toyota Bisa Klik Disini :
INFO HARGA & DISKON WIRA TOYOTA :
0821 7828 5000
Atau Klik dibawah ini untuk Chat via WhatsApp
Kunjungi artikel kami lainnya :
Wajib Dibaca Agar Tidak Tertipu Sales Mobil Nakal. Mungkin banyak diantara kita semua yang sering atau pernah mendengar kabar penipuan oleh pihak sales otomotif, khususnya sales mobil. pada kesempatan kali ini, kami dari Wira Toyota akan sedikit sharing terkait serba... selengkapnya
Update Stock Barang Akhir Tahun Wira Toyota Kalsel, Kalteng Selamat siang Toyota Lovers, khususnya untuk anda yang ada di wilayah Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah (Wilayah Penjualan Wira Toyota Banjarmasin, Wira Toyota Banjarbaru, Wira Toyota Palangkaraya) yang ingin atau ada... selengkapnya
Toyota Banjarmasin, Toyota Banjarbaru promo DP Ringan 2019 Ada kabar gembira nih untuk anda semua yang berencana melakukan pembelian mobil Toyota dalam waktu dekat ini. Segera ke Wira Toyota Banjarmasin, maupun Wira Toyota Banjarbaru, karena beberapa perusahaan pembiayaan kami sedang... selengkapnya
Belum ada komentar
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 22
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 24
Notice: Undefined variable: aria_req in /home/wiratoy1/domains/wiratoyota.id/public_html/wp-content/themes/wpdealer1.0d/komentar.php on line 26